Bubur Rempah Solo, Bubur Samin Makanan Perantau Banjar

Bubur Rempah Solo, Bubur Samin Makanan Perantau Banjar

Setiap umat memiliki Budaya masing-masing. Apalagi setiap memasuki bulan puasa atau Ramadan, banyak daerah mempunyai beberapa keunikan sehubungan aktivitas ibadah, buka puasa dan sebagainya.

Beberapa di antaranya juga terkait keunikan makanan yang disajikan saat berbuka. Bisa dikatakan momen ini merupakan sebuah peristiwa budaya, religi sekaligus wisata kuliner yang pantas untuk dinikmati.

Nah, ketika Ramadan tiba ada satu masjid yang selalu menggelar agenda berbuka bersama dengan menyediakan makanan khusus di Solo. Masjid tersebut adalah Masjid Darussalam yang ada di Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan, Solo, yang membagikan makanan khas Banjar yaitu Bubur Samin.

Mengulas Kisah Bubur Samin

Apakah bubur samin itu?. Ini merupakan bubur yang dimasak dengan racikan bumbu rempah antara lain bawang merah, bawang putih, sereh, laos, kayu manis, jahe, kapulaga Arab hingga minyak samin. Sementara buburnya berbahan dasar beras.

Mau tau ? Uniknya nih khusus dibulan Ramadhan nih, Panitia buka puasa Masjid Darussalam biasanya mempersiapkan menu bubur samin ini sejak selepas sholat dhuhur. Mereka secara bersama-sama memasak 45 kilogram beras jadi bubur samin.

Beras dan nasi diaduk menjadi bubur selama kurang lebih 2 jam. Kemudian dicampur dengan sayuran seperti wortel, bawang bombay dan daun loncang. Tak lupa diberi irisan daging sapi ke dalamnya untuk menambah cita rasa.

Selepas azhar biasanya bubur sudah masak. Setelah itu akan diikuti kedatangan warga yang membawa piring, mangkok atau rantang untuk meminta jatah bubur samin. Selai itu tersedia pula bubur samin yang disediakan secara khusus untuk acara buka bersama di Masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *