Kuliner Makanan Khas Kamboja

Kuliner Makanan Khas Kamboja

Masakan Khmer (bahasa Khmer: សិល្បៈខាងធ្វើម្ហូបខ្មែរ) atau masakan Kamboja adalah masakan bangsa Khmer di Kamboja. Walaupun umumnya tidak terlalu pedas, makanan Khmer mirip dengan makanan Thailand dan masakan Vietnam.

Masakan Kamboja merupakan salah satu kuliner tertua yang pernah ada. Kuliner ini merupakan perpaduan antara citarasa Vietnam dan Thailand. Tetapi walaupun Anda sudah pernah mencicipi masakan kedua negara tersebut bukan berarti Anda tak perlu mencoba masakan Kamboja. Kamboja menyimpan berbagai makanan yang patut dipuji karena kekayaan rasanya.

Sebenarnya Makanan pokok orang Kamboja adalah nasi. Walaupun mi juga populer, ketika makan, orang Khmer hampir selalu menyertakan semangkuk nasi. Lauk berupa berbagai jenis kari, sup, dan hidangan tumis.

Nah inilah hasil rangkuman Makanan Khas Kamboja yang paling diminati para Traveller :

  1. Bai sach chrouk

Bai Sach Chrouk artinya nasi dan babi. Sehingga hidangan ini utamanya adalah seiris daging babi di atas sepiring nasi. Namun dalam penyajiannya sering ditambah acar dan mentimun. Bai sach chrouk ini memang makanan khusus untuk sarapan di Kamboja.

  1. Nom Korng

Nom Korng adalah donat versi Kamboja. Rotinya terbuat dari tepung beras dan bagian atasnya diberi cairan gula dan biji wijen

  1. Num Banh Chok

Num Banh Chok adalah mie beras dalam kuah kari yang terbuat dari ikan Tonle Sap.

  1. Kuy Teav

Kuy teav adalah makanan Kamboja yang terpengaruh oleh budaya Cina. Makanan ini berupa semangkok sup yang berisi mie, daging, dan herbal aromatik. Sering kali ditambah topping-topping sesuai dengan selera.

  1. Num Pang

Di Kamboja, Num Pang disajikan dengan gading sapi yang direbus dalam gula aren atau kari ayam hangat dengan dasar bumbu sereh, kunyit dan lengkuas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *