Makanan Khas Kamboja : Bai Sach Chrouk

Makanan Khas Kamboja : Bai Sach Chrouk

Untuk kalian yang ingin kuliner antar Negara mari memahami dulu apa saja yang menjadi makanan Khas Negara tersebut. Sebut saja Negara Kamboja. Masakan Kamboja merupakan salah satu khasanah kuliner tertua yang pernah ada. Kuliner ini merupakan perpaduan antara citarasa Vietnam dan Thailand.

Tetapi walaupun Anda sudah pernah mencicipi masakan kedua negara tersebut bukan berarti Anda tak perlu mencoba masakan Kamboja. Kamboja menyimpan berbagai makanan yang patut dipuji karena kekayaan rasanya.

Bai Sach Chrouk

Bai sach chrouk berarti babi dan nasi. makanan ini merupakan menu sarapan yang populer di Kamboja. Biasanya dijual di kedai-kedai pinggir jalan pada pukul enam sampai sembilan pagi. Makanan ini bahan-bahannya cukup sederhana.

Terbuat dari daging babi yang diiris tipis, diolesi kecap, santan atau bawang putih dipanggang di atas bara arang agar rasa manis keluar. disajikan bersama nasi acar mentimun. sebagai pelengkap disediakan kaldu ayam yang ditaburi bawang merah dan irisan daun bawang.

Nasi dalam bai sach chrouk terbuat dari butiran beras patah, beras berkualitas buruk yang biasa dijadikan pakan ayam. Pemilihan beras ini lebih merupakan tradisi Kamboja.Kalau sedang berkunjung ke Phnom Penh, Anda akan menjumpai penjaja makanan ini di sudut-sudut jalan kota tersebut.

Untuk rasa tentu enak sekali karena berbahan dasar babi dan harganya juga cukup murah dibandrol dengan harga kurang dari 1 USD dan selalu ada di warung makanan pinggir jalan dan pasar lokal.

Meskipun makanan pokok penduduk Kamboja ini terlihat sederhana, tetapi populer di kalangan wisatawan, biasanya penjual akan menanyakan mau ekstra dengan telur dadar atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *