Liburan ke medan rasanya tidak afdol bila tidak membawa oleh-oleh dari medan. Mau tau apa saja buat tangan yg ada di kota Medan? berikut ini oleh-oleh yang bisa kamu bawa dari kota Medan.

1. Lemang

Lemang
Makanan khas Tebing Tinggi, Sumatra Utara, dan kini sudah dapat anda temukan di Medan atau di Tobasa. Lemang terbuat dari beras ketan yang digulung dengan selembar daun pisang dan dimasukkan dalam seruas bambu lalu dibakar hingga matang. Lemang sendiri memiliki cita rasa yang tak kalah lezat, lebih enak dinikmati selagi hangat dan dapat anda sempurnakan dengan selai durian.

2. Bika Ambon

Bika Ambon
Jangan salah paham terlebih dulu karena memiliki nama Ambon. Meskipun namanya bika ambon, tetapi makanan ini asli khas Medan. Nama Ambon sendiri diambil karena pertama kali dijual di Jl. Ambon, Medan. Bika ambon adalah makanan pencuci mulut yang memiliki rasa khas dan juga cocok dijadikan buah tangan.

3. Pancake Durian

Pancake Durian
Sekilas tidak ada beda pancake durian Medan dengan pancake durian di ibu kota. Namun yang membedakannya adalah isi di dalam pancake alias durian itu sendiri. Pada gigitan pertama, anda akan merasakan sensasi yang berbeda dari kebanyakan pancake durian. Hal ini karena Durian Medan sangat terkenal karena tekstur daging dan citarasa khas yang dimiliki. Dan jangan khawatir, kuliner ini bisa dijadikan bahan oleh-oleh yang tepat bagi pecinta buah durian. Jadi bagi anda yang tidak bisa membawa Durian Medan secara utuh karena adanya larangan dari bandara. Pancake durian ini bisa jadi solusi yang tepat dan tentunya lezat untuk keluarga yang sedang menunggu di rumah.

4. Bubuk Kopi Sidikalang

Bubuk Kopi Sidikalang
Semua penikmat kopi jelas idak asing lagi dengan jenis kopi yang satu ini. Kopi ini berasal dari Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. Kopi Sidikalang memiliki kualitas tinffi dan juga banyak diekspor ke luar negeri. Kopi Sidikalang dijuluki sebagai rajanya kopi di Sumatera, dengan kekentalalnya dan rasa yang sangat khas. Jika anda penikmat kopi maka anda wajib menyerut citarasa yang dimiliki kopi Sidikalang karena inilah kopi nusantara asli dari tanah legenda.

5. Kain Ulos

Kain Ulos
Kain Ulos merupakan kerjinan asli khas suku Batak yang dibuat dengan menggunakan alat tenun tradisional. Kain ini tak hanya memiliki nilai seni yang indah pada motifnya, melainkan juga terlahir dari filosofi sebagai bentuk hangatnya kasih sayang. Biasanya digunakan sebagai pakaian tradisional dari suku Batak. Kain ulos dapat anda jadikan buat tangan yang berkesan dengan harga bermacam-macam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Dapat anda beli dipasar-pasar tradisional dan tempat-tempat wisata di tanah Batak

 

Usaha Kuliner yang Dibuka Oleh Artis

Kembali lagi dengan Kami. Kali ini kami akan membahas tentang artis-artis yang buka usaha kuliner. Yup, di era sekarang emang bisnis kuliner itu menggiurkan sekali. Tahu sendiri orang Indonesia itu suka banget ngemil jadi pasar kuliner emang menjanjikan banget.

Nah, para artis ternyata juga gak mau melewatkan peluang ini. Beberapa dari mereka langsung membuka usaha kuliner dengan berbagai menu yang bisa bikin kamu ngiler deh. Siapa aja sih mereka? Yuk kepoin satu-satu di bawah ini.

1. Dude Herlino jualan cake nih, tapi cuma ada di Jogja.

2. Si cantik Titi Kamal ternyata juga punya usaha olahan ayam pedes di kawasan Jakarta Pusat lho.

3. Udah tahulah ya kalau Raffi dan Nagita Slavina punya banyak usaha kuliner mulai dari bakmi, nasi lidah sapi hingga keripik singkong.

4. Sama seperti Dude, Teuku Wisnu juga punya usaha cake lho, tapi ini di Malang.

5. Ayu Ting Ting gak mau kalah, doi juga ada bisnis makaroni pedes dan keripik sambalado yang bisa bikin kamu bergoyang.

6. Siapa sangka coba kalau artis seksi Tyas Mirasih ternyata juga jualan nasi goreng lho.

7. Lama gak nongol ternyata Nafa Urbach jualan ketan mangga khas Thailand itu lho.

8. Kalau Ruben Onsu menyasar pecinta makanan Jepang nih dengan jualan rice bowl.

9. Gak tanggung-tanggung kalau Irfan Hakim langsung buka cafe nih dengan menu-menu kekinian.

10. Gak mau kalah dari Teuku Wisnu dan Dude Herlino, Irwansyah juga buka usaha cake nih tapi kalau mau nyicipin harus ke Medan dulu.

11. Luna Maya dan Uya Kuya kolaborasi buka usaha martabak nih, hmm yummy.

Gimana? Kelihatan enak-enak banget gak sih? Aduh jadi kepengen nih, boleh dong kalau dikasih satu sini buat icip-icip…

Oleh-oleh Kuliner yang Dibuka Oleh Artis

Pekerjaan menjadi artis memang terlihat menggiurkan dan menjanjikan. Namun yang patut diingat menjadi artis ada masanya masing-masing. Akan ada saat-saat di mana mereka berada di puncak popularitas namun juga akan ada saat berada di bawah. Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal tersebut dan datangnya hari tua banyak artis yang kemudian memutuskan untuk membuka bisnis sampingan.

Salah satu bisnis yang sekarang lagi ngetren dan menjanjikan adalah kuliner. Beberapa artis memutuskan menjelajah kota-kota yang mempunyai potensi wisata dan membuka pusat oleh-oleh disana. Siapa saja mereka?

1. Strudel

Suami dari Shireen Sungkar ini memang menjadi pelopor bisnis oleh-oleh. Dia membuka gerai strudel di kota Malang. Strudel sendiri merupakan kue berlapis yang terbuat dari pastry dan diisi buah-buahan. Rasanya pun kekinian sekali seperti keju, red velvet dan greentea.

2. Jogja Scrummy

Mengikuti jejak sahabatnya Teuku Wisnu, Dude pun juga membuka gerai oleh-oleh kue di Jogja yang diberi nama Jogja Scrummy. Dude sendiri juga mengajak kerjasama petani lokal memadukan kue dengan wortel. Selain wortel, juga ada paduan ubi, cokelat dan lain-lain.

3. Medan Napoleon

Artis ganteng satu ini memilih membuka gerai oleh-oleh di Medan dengan nama Medan Napoleon. Produknya hampir sama yakni perpaduan kue lapis dengan pastry dengan rasa kekinian seperti keju, red velvet dan masih banyak lagi.

4. Surabaya Snowcake

Tak mau kalah dengan sang suami, Zaskia sendiri membuka pusat oleh-oleh di Surabaya bernama Surabaya Snowcake. Ciri khasnya adalah taburan gula putihnya yang menyerupai salju bikin orang penasaran deh. Rasanya sendiri juga kekinian seperti cokelat pisang dan greentea.

5. Lamington

Nah kalau Glenn memilih Pontianak sebagai tempat membuka gerai oleh-oleh bernama Lamington. Gerai yang didominasi warna kuning dan cokelah ini selalu ramai oleh pengunjung yang penasaran akan rasa lamington buatan Glenn.

6. Makassar Baklave

Irfan memang dikenal pebisnis ulung. Dia punya banyak bisnis kuliner salah satunya adalah Makassar Baklave. Oleh-oleh khas Sulawesi ini berbentuk cake dengan aneka topping dan isian yang hits abis.

7. Bosang Makassar

Masih dari Makassar, Ricky Harun juga membuka gerai oleh-oleh khas bernama Bosang Makassar. Produknya berupa kue lapis dengan tambahan pastry di tengahnya. Banyak varian rasanya juga yang bikin ketagihan.

8. Bandung Makuta

Yang terbaru adalah Laudya Cynthia Bella yang membuka gerai di kota asalnya yakni Bandung Makuta. Varian rasanya pun macam-macam mulai dari blueberry, keju, cokelat dan lain-lain. Namun sabar antri ya kalau mau beli Bandung Makuta.